Powered by Blogger.

Tuesday, August 14, 2012

Hakikat Kesehatan jiwa

Hakikat Kesehatan jiwa - Pengertian terminologis tentang kesehatan jiwa selalu mengalami perkembangan. Pada awalnya pengertian orang tentang kesehatan mental bersifat terbatas dan sempit, seperti hanya terbatas pada dasarnya seseorang dari gangguan dan penyakit jiwa. Dalam pengertian ini, kesehatan mental berarti hanya di peruntukan bagi mereka yang mengalami gangguan dan penyakit jiwa saja. Padahal kesehatan gangguan di perlukan bagi setiap orang yang emerindukan ketentraman dan kebahagian hidup.

Hakikat Kesehatan jiwa Marie Johada

Marie Johada, memberikan batasan yang agak luas tentang kesehatan jiwa melebihi batasan yang dikemukakan di atas. Menurutnya, pengertian kesehatan tjiwa tidak hanya terbatas pada terhindarnya seseorang dari gangguan dan penyakit kejiwaan, akan tetapi di samping itu, orang yang sehat mentalnya juga memiliki karakter utama sebagai berikut :

  1. Sikap kepribadian yang baik terhadap diri sendiri dalam arti ia dapat mengenal dirinya dengan baik
  2. Pertumbuhan perkembangan dan perwujudan diri dengan baik
  3. Integrasi diri yang meliputi keseimbangan mental kesatuan pandangan dan tahan terhadap tekanan-tekanan yang terjadi
  4. Otonomi diri yang menyangkut unsur-unsur pengaturan kelakuan dari dalam atau kelakuan bebas
  5. Persepsi mengenai realitas, bebas dari penyimpangan kebutuhan serta memiliki empati dan kepekaan sosial
  6. Kemampuan untukmenguasai lingkunagn bersosialisasi dan berintegrasi dengannya secara baik.

Hakikat Kesehatan jiwa Karini kartono

Kartini kartono mengartikan kesehatan jiwa sebagai ilmu tentang jiwa yang mempermasalahkn kehidupan kerohanin yang sehat, yang memandang kompleks. Menurutnya orang yang berpenyakit mental di tandai dengan fenomena kekuatan pahit hati apatis cemburu iri hati dengki ketegangan batin dan sebagainya. Semenara orang sehat jiwanya adalah mempunyai kemampuan untuk bertindak secara efesien memiliki tujuan hidup yang jelas ada koordinas antara segenap potensi memiliki integrasi kepribadian dan selalu tenang batinnya.

Hakikat Kesehatan jiwa Zakiah Daradjat

Sedangkan menurut Zakiah Daradjat, kesehatan mental mempunyai beberpa tingkat defisit, mulai dari yang khusus samapi yang bersifat umum. Definisi itu antara lain :

  1. Kesehatan mental adalah terhindarnya orang dari segala gangguan jiwa dan dari gejala-gejala penyakit jiwa. Menurut definisi ini, orang yang sehat mentalnya adalah orang yang terhindar dari segala gangguan dan penyakit jiwa.
  2. Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dengan orang lain, dan masyarakat serta dengan lingkungan sosialnya. Definisi kedua ini lebih luas dan bersifat umu karena dihubungkan dengan kehidupan secara keseluruhan. Kesanggupan untuk menyesuaikan diri itu akan membawa orang kepada kenikmatan hidup, ketentraman dan kebahagianaan.
  3. Kesehatan mental adalah terujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi -fungsi jiwa, serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problema-problema yang bisa terjadi, serta terhindar dari kegelisahan dan pertentangan batin. Definisi ini menunjukan bahwa fungsi-fungsi jiwa seperti pikiran, perasaan, pandangan dan keyakinan harus saling menjujung dan bekerja sama sehingga menciptakan keharmonisan hidup yang menjauhkan orang dari sifat ragu-ragu dan bimbang serta terhindar dari rasa gelisah dan konflik.
  4. Kesehatan mental adalah pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi bakat dan pembawa yang ada semksimal mungkin, sehingga membawa kepada kebahagian diri dan orang lain, serta terhindar dai gangguan dan penyakit jiwa. Definisi keempat ini lebih menekankan pada pengembangan dan pemanfaatan segala daya dan pembewa yang dibawa sejak lahir, sehingga benar-benar membawa manfaat dan kebaikan bagi orang lain dan diri sendiri.
Dari definisi-definisi kesehatan jiwa di atas, maka hakikat kesehatan jiwa adalah terhindarnya seseorang dari gejala-gejala gangguan dan jiwa. Definisi keempat ini lebih menekan pada pengembangan dan pemanfaatan segala daya ydan pembawaan yang dibawa sejak lahir, sehingga benar-benar membawa manfaat dan kebaikan bagi orang lain dan dirinya sendiri.

Dari definisi diatas maka hakikat kesehatan jiwa adalah terjindarnya seseorang dai gejala-gejala penyakit jiwa, dapat menyesuaikan diri dapat memanfaatkan segala potensi dan bakat semaksimal mungkin, dan membawa kepada kebahagian bersama serta tercapainya keharmonisan jiwa dalam hidup. Hakikat kesehatan jiwa semoga menambah pengetahuan anda.terimakasih.

Kesimpulan ini mengisyaratkan bahwa pribadi yang sehat itu mempunyai tolak ukur, di antaranya :

  1. Bebas dari gangguan dan penyakit kejiwaan.
  2. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial
  3. Dapat merealisasikan berbagai potensi seperti ke mampuan bakat, sikap, sifat, ketermpilan sehingga menjadi benar-benar aktual dan bermanfaat.

0 comments

Post a Comment