Powered by Blogger.

Wednesday, February 8, 2017

ilmu budaya dasar

ilmu budaya dasar - merupakan mata kulia dasar umum yang mempunyai peranan yang jelas dalam pembentukan kompetensi profesional seorang lulusan perguruan tinggi. Mata kulia dasar umum di perguruan tinffi di Indonesia, dikelompokan menjadi dua bagian. kelompok pertama di harapkan memberi dasar pedoman-pedoman untuk bertindak sebagai warga negara yang terjadi yang meliputi mata kulia :

  1. Agama
  2. Pancasila
  3. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa 
  4. Kewiraan
Keempat mata kulia kelompok pertama tersebut merupakan mata kuliah intra kurikuler yang diwajikan kepada semua mahasiswa yang di nilai dan ikut menentukan kenaikan tingkat jenjang pendidikan dan ujian-ujian. Kelompok  kedua diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa berkenan dengan lingkungan alamiah, lingkungan sosial dan lingkungan budaya yang meliputi mata kulia
  1. Ilmu alamiah dasar
  2. ilmu sosial dasar
  3. ilmu budaya dasar
ketiga mata kuliah dasar tersebut di atas dierikan kepada semua mahasiswa dengan ketentuan bahwa mahasiswa bidang pengtahuan keahlian yang berada dalam ruang lingkup salah satu mata kuliah dasar tersebut tidk diwajibkan mengikuti mata kuliah yang bersangkutan. Istilah-istilah tersebut sama sekali tak mengatakan bahwa mata kuliah dengan nama-nama tersebut masing-masing memperkenalkan dasar-dasar dari ilmu-ilmu alamiah, ilmuilmu sosial dan ilmu ilmu budaya. yang benar adalah bahwa masing-masing itu ingin membuka pagar-pagar yang membatasi disiplin-disiplin yang membentuk masing-masing kelompok ilmu itu. sehubungan itu dengan disiplin kamu maksudkan
  1. disiplin yang tergolong IAD adalah : fisika, kimia, astronomi, geologi meteorologi serta biologi. Lima yang terdahahulu mewujudkn ilmu-ilmu fasis, sedang yang terakhir ilmu-ilmu biotis.
  2. adapun IsD meliputi dua kelompok utamanya, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial. yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi dan antropologi sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
  3. sedangkan IBD biasanya dibagi atas tiga kelompok. Pertama seni, sejarah agama dan filsafat.
secara spesifikasi program mata kuliah dasar umum bertujuan menghasilkan warga negara sarjana yang berkualitas sebagai berikut :
  1. takwa kepada tuahn yang maha esa. bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadapa pemeluk agama lain.
  2. berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan 

0 comments

Post a Comment