Powered by Blogger.

Wednesday, August 29, 2012

Ilmu computer


Ilmu computerKomputer digunakan oleh manusia dengan cara mempelajari ilmu yang brhubungan dengan computer. Seiring dengan perkembangan ilmu computer, dewasa ini banyak seklai penelitian yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendifinisian terhadap ilmu computer. Bagaimanapun juga dasar ilmu computer adalah matematika dan engineering (tekhnik). Matematika menyimbangkan metode analisis dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.
CSAB (Computing Scinces Accreditation Board/http://www.csab.org) membuat definisi menarik tentang ilmu computer.

Definisi Ilmu Komputer

Ilmu computer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan computer dan komputesi. Di dalamnya terdapat teoritis, ekperiment dan pendesainan ompinen serta termasuk di dalamnya hal-hal yang berhubungan dengan :
1.       Teori-teori untuk memahami perangkat computer, program dan system
2.       Ekperiment untuk pengembangan dan pengetesan konsep
3.       Metodelogi desain algoritma dan tool untuk merealisasikannya
4.      Metode analisis untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta.
Beberapa definisi yang lebih abstrak adalah
Ilmu computer adalah ilmu yang mempelajari tentang resresentasi pengetahuan dan implementasinya. Definisi lain ilmu computer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan komplesitas sebuah computer.

Peter J. Denning mendeinisikan ilmu computer dalam makalahnya yang cukup terkenal tentang disiplin ilmu computer. Makalah ini adalah laporan akhir dari proyek dan task force tentang the Core of Computer Scince yang dibentuk oleh dua masyarakat ilmua terbesar bidang computer yaitu ACM (http://acm.org) dan IEEE computer society (http://computer.org) mendefiniskan bahwa :
Ilmu computer adalah studi sistematik tentang proses algoritma yang menjalankan dan mentransformasikan informasi baik itu berhubungan dengan teori-teori analisi desain efisensi implemantasi ataupun aplikasi yang ada padanya.

Denning juga mengkalsifikasi bidang ilmu computer yang terbagi dalam 12 subbidang :
Denning member catatan khusus untuk bidang bioinformatika sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara ilmu computer dan biologi dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Karena kecanggihan teknologi computer terus berkembang maka dari 12 subbidang di atas dimungkinkan terus bertambah. Di bandingkan dengan definisi CSAB di atas Denning menggambarkan bahwa ilmu computer dapat direfleksikan dalam tiga hal: teori abstraksi dan desai yang dapat di jelaskn sebagai berikut:

a.       Teori adalah berlandaskan pada pendekatan matematika, dimana untuk mendapatkan suatu terori yang valid harus melalui proses-proses sebbagai berikut :
·         Pendefinisian
·         Pembuatan teorema
·         Pembuktian
·         Penginterpretasian hasil
b.      Abstraksi atau pemodelan adalah berlandaskan pada metode eksperimen ilmua di mana dalam melakukan investigasi terhadap suatu fenomena harus melaui proses-proses sebagai berikut :
·         Membentuk hipotesis
·         Membuat suatu modek dan melakukan prediksi
·         Mendesain eksperimen dan mengumpulkan data
·         Menganalisis hasil
c.       Desain adalah berlandaskan pada pendekatan teknik, dimana pada saat mendesain sebuah system da perangkat untuk memecahkan masalah, harus melalui proses-proses sebagai berikut:
·         Menentukan persyaratan
·         Menentukan spesifikasi
·         Merancang dan mengimplementasikan system
·         Melakukan pengetesan terhadap system

Penjabaran di atas bisa disimpulkan bahwa orang yang bergerak dalam masalah penelitian ilmu computer akan banyak berhubungan dengan konsep teori dan abstraksi. Sedangkan yang bergerak dalam masalah yang lebih tekhnis dengan memakai pendekatan engineering akan lebih banyak berkecimpung dalam ruang lingkup abstraksi dan desain. Pernyataan mendasar berhubungan dengan ilmu computer adalah “apa yang bisa diotomatisasikan secara efesien.” Kita bisa simpulkan dari persamaan pemakaian menyimpulkan terminology dan hakikat makna dalam deginisi yang digunakan para peneliti di atas, bahwa :

Ilmu computer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori metodologi desain dan implementasi yang berhubungan dengan komputasi computer dan algoritmanya dalam perspektif software maupun hardware.

Keterkaitan bidang ilmu computer

Ilmu computer terkait erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting. Ilmu informasi adalah ilmu yang mempelajari data informasi mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisis, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisis komunikasi dan basis data. Rekayasa perangkat lunak menkankan analisis desain dan kontruksi dari software menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru

·     System indormasi adalah aplikasi computer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi operasi instalasi perawatan computer software dan data. Sistem informasi menejemen adalah kunci dari bidang yang menekan finasial dan persoalan manajemen. Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisis, desain dan kontruksi dari hardware computer. Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisis dan imlementasi dari keamana system informasi.

0 comments

Post a Comment