Powered by Blogger.

Wednesday, February 8, 2017

Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar - adalah suatu mata kuliah yang menyajikan bahan pendidikan yang mencerminkan keutuhan manusia dan membantu agar manusia menjadi lebih manusiai. Sebagai komponen MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) ilmu budaya dasar ini diberikan kepada paea mahaiswa perguruan tinggi, baik nergeri maupun swasta, dan bertujuan untuk mengembangkan daya tangkap, persepsi, penalaran dan apresiasi terhadap lingkukang budaya.

Pengertian Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD), Ilmu Budaya Dasar (IBD). IStilah-istilah tersebut sama sekali tak mengatakan bahwa mata kuliah dengan nama-nama tersebut masing-maisng memperkenalkan dasar dari ilmu alamiah, ilmu sosial dan ilmu budaya. Yang benar adalah bahwa masing-masing itu ingin membuka pagar-paga yang membatasi disiplin yang membentuk masing-masing kelompok ilmu itu. Sehubungan dengan itu disiplin kamu maksudkan :the scientigic study of some aspect or segment of reality: Sebagai contohnya disiplin, misalnya sosiologi, fisik dan kritik musik.

Biasanya disiplin-disiplin yang tergolong IAD adalah fisik kimia, astronomi,geologi meterologi, serta biologi. Lima yang terdahulu mewujudkan ilmu-ilmu fisis, sedang yang terakhir ilmu biotis (Dengan perincian utama : zologi, fitologi, dan fisiologi manusia)

0 comments

Post a Comment