Powered by Blogger.

Wednesday, February 8, 2017

Kasih Sayang

Kasih Sayang -  menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.j.S. Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Ada berbagai macam bentuk kasih sayang, bentuk itu sesuai dengan kondisi penyayang dan yang didsayangi. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Ini merupakan pertumbhan dari cinta. Percintaan muda-mudi bila di akhiri dengan perkawinan, makan di dalam berumah tangga keluarga muda itu bukan lagi bercinta-cinta, tetapi sudah brsifat kasih mengasihi atau saling menumpuhkan kasih sayang.

Dalam kasih sayang

Dalam kasih sayang ini sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran akan terancamlah kebahagiaan rumah tangga itu. Yang dapat merasakan kasih sayang bukan hanya suami atau isrei atau ank-anaknya yang telah dewasa, melainkan bayi yang masih merah pun telah dapat merasakan kasih sayang dari ayah atau ibunya. Bayi yang masih merah dapat mengenal suara atau sentuhan tangan ayah atau ibunya, bgaimana sikap ibunya memegang/menggendong telah dikenalnya. Hal ini ialah karena sang bayi telah mempunyai kepribadian.

Semua itu sebenarnya wajar, karena tugas seorang ibu adalah menyusui anaknya dengan kasih sayang tulus. Gambaran seorang ibu yang sedang menyusui anaknya dapat kita saksikan setiap hari di dunia manpun. Justru seorang ibu yang tidak dapat melaksanakan tugas itu, akan dianggap salah oleh masyarakat, kecuali ibu itu sakit atau karena satu dan lain hal yang tidak dapat menyusui anaknya. Kasih sayang itu tampak sekali bila seorang ibu sedang menyusui atau menggenong bayinya itu diajak bercakap-cakap, ditimang-timang, dinyanikan, meskipun bayi itu tak tahu arti kata-kata, lagu dan sebagainya.

Kasih sayang 


0 comments

Post a Comment