Powered by Blogger.

Thursday, February 9, 2017

Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

SPK - Sistem Pendukung Keputusan atau lebih dikenal  dengan Decission Support System (DSS) merupakan system informasi berbasis komputer yang menyediakan dukungan informasi interaktif bagi manajer dan praktisi bisnis selama proses pengambilan keputusan. SPK menggunakan :

  1. Model Analitis
  2. Data base Khusus
  3. Penelitian dan pandangan pembuat keputusan dan
  4. Proses pemodelan berbasis komputer yang interaktif untuk mendukung pembuat keputusan bisnis yang semiterstruktur dan tak terstruktur (O'brien,2005:448)
SPK merupkan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimna tak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya di buat.(Alter,2002).
Sedangkan Little (1970) mendefiniskan DSS sebagai sekumpulan prosedur berbasis model untuk data pemrosesan dan penilaian guna membantu para manajer mengambil keputusan. Dian menyatakan bahwa untuk akses, sistem tersebut haruslah sederhana, cepat, mudah dikontrol, adaptif, lengkap dengan isu isu penting dan mudah berkomunikasi(Kusrini, 2007).
Dan masih banyak lagi definisi mengenai DSS tersebut, dapat disimpulkan bahwa DSS adalah suatu sistem yang lebih sepesifik yang ditunjukan untuk membantu para pengambil keputusan manajerial dalam situasi keputusan semi tersetruktur dan tidak terstruktur. DSS dimaksudkan untuk menjadi sistem alat bantu bagi para pengambil keputusan, namun bukan untuk menggantikan penilaian mereka. 
DSS biasanya dibangun mendukung solusi atas suatu masalah atau untuk mengevaluasi suatu peluang. DSS yang seperti itu disebut aplikasi DSS, aplikasi DSS digunakan dalam pengambilan keputusan. Aplikasi DSS menggunakan CBIS (Computer Based Information System) yang fleksibel, interaktif, dan dapat diadaptasi, yang dikembangkan untuk mendukung solusi atas masalah menejemen spesifikasi yang tidak terstruktur.
Aplikasi DSS menggunakan data, memberikan antar muka pengguna yang mudah, dan dapat menggabungkan data, memberikan antar muka pengguna yang mudah dan dapat menggabungkan pemikiran pengambilan keputusan. Kata berbasis komputer merupakan kata kunci, karena tidak mungkin membangun DSS tanpa menggunakan komputer sebagai alat bantu, terutama untuk menyimpan data.

0 comments

Post a Comment