Powered by Blogger.

Friday, August 17, 2012

Akuntansi

Akuntansi - Ada beberapa definisi akuntansi yang bisa di ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. American Institut of Certified Public Accountants pada tahun 1941 mendifinisikan :
    • Suatu keahlian untuk mencatat, mengklarifikasi dan mengikhtisarkan dengan cara yang tepat dan dinyatakan dengan uang atas transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan serta mengiterpretasikan hasil yang diperoleh.
  2. American Accounting Assoiation mendifinisikan :
    • Proses identiikasi pengukuran dan menghubungkan informasi yang bersifat ekonomis agar dengan informasi ini dapat di ambil kebijakan dan keputusan
  3. Niswonger and fees mendefinisikan :
    • Proses mengidentifikasikan mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
Dengan definisi Akuntansi yang telah ada maka dapat disimpulkan bahwa fungsi pokok aktivitas akuntasi yaitu sebagai berikut :
  • Menganalisis transaksi keuangan suatu badan usaha
  • Mencatat mengklarifikasi dan mengikhtiasarkan transaksi-transaksi keuangan, kemudian menyajikan dalam bentuk informasi keuangan.
  • Mengiterpretasikan informasi keuangan melalui analisis laporan keuangan.

Tujuan Akuntansi keuangan

Tujuan akuntansi keuangan adalah menyediakan infomasi keuangan suatu bada usaha yang akan dipergunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai bada pertimbangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Informasi Keuangan Akuntansi

Informasi keuangan direflesikan dalam laporan keuangan dalam bentuk :
  1. Neraca (Balance Sheet) yaitu laporan yang menunjukan keadaan atau posisi keuangan suatu badan usaha pada suatu saat atau tanggal.
  2. Perhitungan laba rugi (Income Statment) yaitu laporan yang menunjukan hasil usaha dan biaya-biaya dari suatu badan usaha selamaperiode kuntansi tertentu. Laporan ini berguna untuk mengukur seberapa jauh potensi suatu badan usaha dalam menghasilkan lab.
  3. Laporan perubahan Modal (Statment of Owner's Equity) yaitu laporan yang menunjukan perbuahan modal (Aktiva bersih atau aktiva dikurangi utang) suatu badan usaha, seperti laporan mengenai aktivitas pembiayaan dan investasi.
  4. Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Statment of Change in Finantial Statment) yaitu laoran yang menunjukkan perubakan aktiva dan utang suatu badan usaha seperti laporan mengenai aktivitas pembiayaan dan investasi.
  5. Catatan Atas Laporan Keuangan (Note to Financial Satatment) yaitu laporan yang mengungkapkan sejau mungkin informasi yang relevan yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan yang berhubungan dengan laporan keuangan seperti kebijakan akuntansi yang diantu suatu badan usaha.

0 comments

Post a Comment