Powered by Blogger.

Friday, August 17, 2012

IBM

IBM - Jutaan perusahaan pembuat komputer, perusahaan sofware dan perusahaan jasa, serta ratusan konsumen meupakan bagian industri dengan penjualan peralatan sendiri berkisar 150.000 juta dolar dan 200.000 dolar setiap tahun. Cerita tentang industri ini kebanykan mengenai IBM.

Ukuran IBM

Kenyataan dan angka-angka tentang IBM dalam industri komputer mirip dengan perkembangan dan pengaruh industri itu sendiri. IBM menguai 40 persen dari seluruh pemasukan industri komputer. Pada waktu tahun baiknya, ia memperoleh 70 persen. Unisys, DEC dan Honeywell Bull adalah perusahaan internasional yang utama, tetapi mereka tidak da nyalinya disisi IBM. Pengambilan modalnya jauh tinggi ibandingkan selusin perusahaan paling bear berikutnya yang disatukan. IBM sendiri memiliki 400.000 staf. Pengeluaran tahunannya pada reset dan pengembangan melebihi pengambilan modal dari dua atau tiga perusahaan komputer. Ia pemimpin pasar di hampir semua negara, tempat ia beroperasi.

IBM adalah salah satu perusahaan yang sudah mengukir sejarah sebelum industri komputer elektronik dilahirkan. Ia terbentuk dari gabungan 50 perusahaan yang mengkhususkan diri pada produk-produk mekanik mulai dari jam dinding hingga mesin timbangan. Pada tahun 1911 semua merger untuk membentuk Computing Tabulating Recording Company. Salah satu dari ketiga perusahaan tersebut didirikan oleh Herman Hollerth. Beliau menciptakan tabulator kartu pons guna pelaksanaan senus pada tahun 1890 di Amerika serikat. Alat ini menjadi tanda berkembangnya zaman prasejarah industri komputer.

Tom Watson, Bapak IBM

Computing Tabulating Recording Company secra geografis ada di mana-mana, dalam bentuk identitas dan moral perusahaan. Lalu datanglah Tom Watson. Ia direkrut dari NCR sebagai manajer umum pada tahun 1914. Pada masa itu ia adalah pembuat mesin cashregister seorang perintis dalam teknik penjualan dan dalam cara motivasi tenaga penjualan dan staf perusahaan.

Tom Watson menerapkan semua cara tersebut dan lebih banyak lagi pada perusahaan barunya. Ia mendesak agar keuntungan dikembalikan untuk pengembangan dan perluasan. Akibatnya ia dianggap telah mendirikan landasan keberhasilan firma bermula. Ia membuat mesin Hollerith versi baru dan yang lebih hebat, berhasil menjaring pasar yang sedang berkembang cepat pada tahun 1902. Beliau menjadi pemimpin pelaksana pada tahun 1924. Pada tahun yang sama ia mengganti nama perusahan Internasion Business Machines. Selain itu ia mengepalai IBM sampai pada tahun1956, saat itu dia menyerahkanperusahaannya kepada putranya.

Sebelumnya makin banyak mesin yang dibuat selama tahun 1920-an dan pada tahun 1933, perusahaan mengambil alih sebuah pabrik pembuat mesin ketik. Kemudian perusahaan komputer meskipun IBM hampir saja ketinggalan kereta. Pada tahun 1940 Tom Watson pertama kali mengembangkan beberapa mesin hitung. Tapi ketika para pendahulu ENIAC Jhon Mauchly dan Presper Eckert, mendekatinya untuk meminjam dana bagi perusahaan komputer yang dibentuknya. kemudian Tm Watson menolak permohonan mereka. IBM meperkirakan pasar tidak akan lebih dari enam mesin. Mauchly dan Eckert berpaling kepada kelompok industri Remington Rand, yang mengambil alih perusahaan tadi dan meluncurkan Univac I pada tahun 1851

IBM bergerak masuk

Sejak saat itu IBM telah mengembangkan komputer pertamanya, dengan dorongan pemerintah Amerika Serikat dan hasil riset pasar yang memperlihatkan maikin banyaknya pemerintah, kini tidak hanya ari angkatan bersenjata yang telah mendorong terjadinya banyak proyek pengembangan awal. Komputer 701 diluncurkan pada tahun 1953 disertai karu untuk memasukan data dan tape magnetik sebagai media penyimpanan. Komputer general-purpose semacam ini menjadi populer secara mendadk, terutama dalam lingkungan militer dan industri berat seperti industri pesawat terbang. IBM pemasok mesin tik utama, dengan 90 persen pasar tabulator Amerika Serikat dan nama baiknya dalam laanan, memiliki posisi yang baik diantara perusahaan calon konsumen. 

Semuanya ini cukup untuk membuat IBM sebagai pemimpin pasar dan terus melangkah maju serta membuat transistor dengan rancangan barunya pada pertengahan tahun 1950. Di samping itu perusahaan ini meulncurkan berbagai produk tambahan  mislnya seri 7990 pada posisi puncak dan 1401 sebagai sistem bisnis bagi perusahaan yang bersedia dibujuk agar beralih dari mesin-mesin pons.

0 comments

Post a Comment