.


Jumat, 17 Agustus 2012

Sifat sifat Algoritma


Sifat-sifat Algoritma - Prosedur yang tidak dimiliki sifat seperti tertera di dalam sub bagian di bawah ini bukanlah merupakan suatu algoritma dan tidak dapat membuahkan hasil yang diinginkan jika program penyajian dari prosedural tersebut diberikan ke dalam komputer. Dalam hal ini yang dimaksud adalah bahwa suatu prosedural dapat disebut sebagai algoritma jika telah memiliki kriteria yang telah disebutkan sebelumnya dan juga ditambah dengan harus memiliki.

 sifat-sifat Algoritma, yaitu :

  • Banyaknya langkah intruksi harus berhingga, pelaksanaan sebuah algoritma yang terprogram haruslah dapat diakhiri atau diselesaikan melalui jumlah langkah operasional yang berhingga. Jika tidak demikian, kita akan dpat mengharapkan bahwa pelaksanaan algoritma tersebut dapat menghasilkan suatu solusi yang baik.
  • Langkah atau intruksi harus jelas artinya bahwa penulis setiap langkah terdapat di dalam sebuah algoritma harus memiliki arti yang khusus atau spesifikasi sehingga dapat dibedakan antara penulis langkah untuk komputer dengan penulis langkah bagi manusia. Manusia akan lebih mudah memahami algoritma yang terdiri atas simbol-simbol (contoh : Pembuatan algoritma dengan diagram alur/flowchart) sedangkan komputer hanya membutuhkan sebuah penulisan algoritma dengan kode-kode yang dituangkan dalam bahasa yang dimengeri oleh komputer itu sendiri.
  • Proses harus jelas dan mempunyai batasan, Rangkaian suatu proses yang berisi langkah-langkah intruksi harus ditetapkan dengan jelas, baik dan pasti sebab sebuah algoritma harus memiliki intruksi dasar tertentu di mana setiap intruksi harus memiliki unsur pelaksanaan yang berfungsi sebagai pemroses data yang akan dimasukan dalam sebuah komputer. Langkah demikian sebuah algoritma harus ditulis dengan jelas tentang batasan-batasan proses yang akan dilaksanakan oleh komputer.
  • Input dan output harus mempunyai batasan, input merupakan data yang dimasukan ke dalam algoritma. Dengan begitu input yang diberikan haruslah sesuai dengan jenis dari bahasa pemrograman yang digunankan, sedangkan output merupakan pihak diluar komputeralgoritma harus menghasilkan output karena merupakan solusi yang diharapkan dari suatu masalah yang timbul.
  • Efektifitas, intruksi yng diberikan kepada komputer agar hanya menjalankan atau melaksanakan proses yang mampu dilaksanakannya. yang dimaksud mampu adalah bahwa suatu algritma atau intruksi-intruksi dalam sebuah program hanya akan dapat dilaksanakan jika informasi yang diberikan oleh intruksi-intruksi tersebut lengkap, benar, dan jelas.
  • Adanya batasan ruang lingkup, Sebuah algoritma yang baik adalah yang hanya ditunjukan bagi suatu masalah tertentu saja. Susunan input harus ditentukan leih dulu sebab susunan tersebut menentukan sifat umum dari algoritma yang bersangkutan.
Beberapa sifat-sifat Algoritma di atas menjadikan batasan-batasan mana yang bukan termasuk sifat-sifat algoritma itu

Setelah sifat-sifat algoritma kita akan menuju konsep tipe data


Data adalah salah satu elemen yang selalu dijumpai dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan baik itu bidang komputer, sains, matematka, atau bidang-bidang yang lain. Pada bidang komputer, khususnya pada penulisan statment suatu bahasa pemrograman harus dilakukan dengan penuh ketelitia. Kesalahan penulisan statment tipe data pada pembuatan program atau yang disebut dengan sintaks akan dapat berakibat fatal terhadap program aplikasi yang sedang digunakan tersebut.

Untuk menunjang pengetahuan mahasiswa tentang penggunaan algoritma pada bidang komputer,disini akan sedikit menjabarkan tentang konsep data dengan menggunakan bahasa pemrograman pascal, walaupun sebenarnya suatu algoritma tidak boleh terpaku pada suatu bahasa pemrograman melainkan harus mengacu pada seluruh bahasa pemrograman. Algoritma adalah mempelajari langkah-langkah penyelseaian suatu masalah untuk mendapatkan sebuah solusi yang tepat dengan efektif dan efesien.

0 komentar:

Poskan Komentar