Powered by Blogger.

Friday, August 17, 2012

Algoritma


Algoritma - telah kita ketahui bersama bahwa komputer merupakan alat bantu yang dapat memecahkan berbagai masalah yang di temui oleh seseorang user. Masalah yang mudah samapai dengan masalah yang sangat kompleks. Dalam usaha untuk memecahkan masalah tersebut, seseorang user di tuntut dapat menubah atau menyajikan masalah yang ada dalam suatu model atau konsep ang tepat bagi komputer sehingga dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan mudah. model atau konsep tersevut biasanya dibuat dalam suatu konsep atau model matematika.

Untuk mendapatkan suatu model matematika yang tepat sangatlah tidak mudah. oleh sebab itu diperlukan studi lebih lanjut baik dalam bidang matematika atau dalam bidang ilmu Komputer itu wendiri ata yang lainnya. Usaha yang dilakukan agar solusi suatu masalah dapat diperoleh adalah membuat suatu proses atau prosedur yang merupakan urutan dari langkah-langkah atau intruksi-intruksi yang berintegrasi. Langkah-langkah intruksi tersebut di kenal dengan Al-GORITMA islitalh tersebut pertama kali dikenalkan oleh ahli Matematika yang bernama Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Khawarizmi. Selain itu ada juga definisi menurut suatu kamus bahasa Webster Dictionary bahwa Algoritma adalah suatu metode khusus yang digunakan untuk meyelseaikan suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Setelah langkah-langkah intruksi atau Algoritma tersebut disusun, berikutnya user harus menyajikan langkah-langkah tersebut dalam satu usaha yang di kenal oleh komputer. Penyajian tersebut harus teratur dan memenuhi kaidah persyaratan menulis atau membuat langkah-langkah intuksi tersebut dalam suatu bahasa komputer dengan nama PEMROGRAMAN. Hasil yang telah dicapai oleh penulis tersebut disebut program. Jadi sebuah algoritma pada hakikatnya merupakan suatu prosedur yang tepat untuk dapat memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komputer serta suatu bahasa pemrograman tertentu.

Dalam memilih algoritma yang baik harus memperhatikan kriteria pemilihannya berikut :

Kriteria Pemilihan Algoritma

Kriteria atau sifat-sifat algoritma yang baik
  1. Ada output, mengacu pada definisinya, suatu algoritma haruslah mempunyai output yang harus merupakan solusi dari masalah yang sedang diselesaikan.
  2. Efektifitas dan efisiensi, dikatakan efektif jika algoritma tersebut menghasilkan satu solusi yang sesuai dengan masalah yang diselesaikan dalam arti algoritma harus tept guna. Dikatakan efesiensi jika waktu prosesnya relatif lebih singkat dan penggunaan memori komputer lebih sedikit.
  3. jumlah langkah berhingga, barisan intruksi yang dibuat harus dalam suatu urutan tertentu atau harus berhingga agar masalah yang di dahapi dapat diselesaikan dengan tidak memerlukan waktu relatif lama.
  4. Berakhir, proses di dalam mencari penyelesaian suatu masalah harus berhenti dan berakhir dengan hasil akhir yang meupakan solusinya atau berupa informasi yang tidak diketemukan solusinya. Artinya baik dalam kondisi solusi ada atau tidak ada, proses akan tetap harus berakhir dan berhenti, istilah lain dalam algoritma dikenal sebagai SEMI ALGORITMA yaitu suatu prosedur yang hanya akna berhenti jika mempunyai atau menghasilkan solusi, sedangkan jika tidak menghasilkan solusi, maka prosedur tersebut akan berjalan tanpa henti.
  5. Terstruktur, yaitu urutan baris langkah-langkah yang digunakan harus sedemikian rupa agar proses penyelesaian tidak berbelit sedemikaina hingga bagian-bagian proses dapat dibedakan dengan jelas mana bagian input, proses dan output sehingga memudahkan user melakukan pemeriksaan ulang.

Simpulan pemilihan algortima yang baik

Dari uraian di atas dapat ditentukan bahwa suatu algoritma yang baika the best adalah harus menghasilkan output yang tepat guna dalam waktu yang relatif singkat dan pengguna memori yang relatif sedikit dengan langkah yang berhingga dan prosedurnya berakhir baik dalam keadaan diperoleh suatu solusi ataupun tidk ada solusi.

Dalam pembahasan yang lebih teoritis, kita mengenal pengertian prosedur, semi algoritma, algoritma, akan tetapi ketiga pengertian tersebut dinggap sebagai satu pengertian yang sama yaitu prosedur atau algoritma. Sebuah prosedur didefinisikan jelas, serta dapat dijalankan dan dibuatkan sebuah program dalam suatu bahasa yang dikenal oleh komputer. Semi Algortima adalah prosedur yang memapu menghasilkan pemecahan maslah atau solusi suatu masalah yang memang ada tidak ada dan mampu pula berhenti. Jadi, singkatnya algortima merupakan suatu himpunan hingga intruksi yang secara jelas merinci langkah-langkah proses pelaksanaan dalam pemecahan suatu masalah tertentu atau suatu kelas tertentu dengan tuntutan bahwa himpunan intruksi tersebut dapat dilaksanakan dengan sebuah program.

0 comments

Post a Comment