Powered by Blogger.

Friday, August 17, 2012

Java


Java - Mungkin kita mengenla berbagai macam bahasa pemrograman atau bahkan mengenal java itu sendiri. Akan tetapi kita mugnkin belum memahami animasi menggunakan java. Dengan pemrograman java yang menggunakan applet untuk animasi, kita dapat membuat suatu objek animasi yang dapat digunakan untuk tampilan website internet manapun untuk aplikasi komputer.

Java dapat bekerja sama dengan banyak perangkat lunak dan kompiler. Selain itu pada pemrograman Java beberapa modul yang disebut class juga bisa di gabungkan dengan mudah. Kamu membuat buku ini bersumber dari website java yang diolah Sun Microsystems dan Johannes Wallroth. Animasi yang di tampilkan pada kali ini bervariasi. Mulai dari yang sederhana hingga yang cukup sulit. Berharap hal ini dapat menjadi pelengkap khasanah tentang hal yang menyangkut java.

Pengenalan java

Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh James Gosling, seorang developer dari sun Microsystems, pada tahun 1991. Kemudian Java dikembangkan oleh Sun microsystems dan banyak digunakan untuk menciptakan Executable Content yang dapat didistribusikan melalui network. Executable Content adalah istilah umum yang mengidentifikasi perbedaan antara isi yang di download browser Web java-enabled dan content yang di download browser non java-enabled.

Java merupakan bahasa pemrograman Object-Oriented dengn unsur seperti bahasa C++ dan bahasa-bahasa lainnya yang memeiliki libraries yang cocok untuk lingkungan Internet. Java dapat melakukan banyak hal dalam pemrograman, seperti memuat animasi halaman web dan aplikasi interaktif. Java juga dapa di gunakan untuk handphone, internet dan lain-lain. Java yang digunakan pada web menggunakan Hotjava 
(perangkat lunak tools yang merupakan browser khusus dan dapat mengidentifikasi kode-kode yang dibentuk browser). browser men-download isi yang didefinisikan dengan spesigikasi MIME dan kemudian menampilkannya. Namun, browser java- enabled dapat mengenali bentuk hipertext khusus yang disebut <code> APP</code> dan mengetahui bahwa sebuah program java umumnya disebut applet terasosiasi ke halam web tersebut. Browser kemudian men-download file informasi yang disebutbytecode Browser java-enbled menginterpresikan bytcode ini dan menjalankannya sebagai program yang dapat dieksekusi. Peristiwa download dan eksekusi ini terjadi secara otomatis.

Apa saja karakteristik Java?

Berikut ini merupakan karakteristik yang dimiliki oleh java :
  1. Sederhana, Bahasa pemrograman java menggunakan sintaks mirip dengan bahasa C++, namun sintaks pada java telah banyak diperbaiki, terutama dengan menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple Inherittance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
  2. berorientasi objek, Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang memungkinkan program untuk dibuat secara modular dan digunakan kembali.
  3. Tradisional, Java dibuat untuk memudahkan distribusi aplikasi dengan adanya networking libraries yang terintegrasi dalam java.
  4. Interpreted, Program java dijalankan menggunakan interpereted, yaitu java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code java yang tela dikompilasi menjadi java bytecodes dapat di jalankan pada berbagai platform.
  5. Robust, Java mempunyai reliabilitas yang tingg. Kompiler pada java mempunyai mendeteksi error yang lebih baik di bandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai rutime-Exeption handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.
  6. Source, sebagai bahasa pemrograman aplikasi internet dan terdistribusi, java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga agar aplikai tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
  7. Architektur Neurtral, Program java tidak bergantung pada platform dimana program akan di jalankan. Cukup dibuat satu program yang dapat di jalankan pada bebagai platform dengan Java Virtual Machine.
  8. Portable, Source code manapun program java dapat dengan mudah dibawa ke berbagai platform berbeda tanpa harus dikompilasi ulang.
  9. Performance, Kinerja java sering dikatakan kurang, Namun kenerja java dapat di tingkatkan menggunakan kompiler java lain seperti insprise, Microsoft ataupun Symantec yang menggunakan just in time compilers (JIT).
  10. Multithreaded, Java dapat membuat suatu program yang mampu melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simulatan.
  11. Dynamic, Java didesain dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan suatu class dengan menambahkan properties ataupun metode dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.

0 comments

Post a Comment