Powered by Blogger.

Friday, August 17, 2012

Pascal


Pascal - merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang orientasinya pada segal tujua, oleh karena itu pada buku ini poko bahasa yang berhubungan dengan Logika dan Algoritma dihubungkan dengan bahasa pemrograman pascal.

Pascal dirancang oleh Professor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama Pascal itu sendiri diambil dari penghargaan terhadap Blaise Pascal, seorang ahli matematika dan philosophi yang terkenal pada abad ke 17 dari negara Prancis. Professor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler Pascal untuk pertama kalinya pada kmputer CDC 6000 yang kemudian dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya memperkenalkan pemrograman yang terstruktur.

Struktur Program Pascal

Struktur rancang bangun dari program pascal terdiri dai sebuah judul program dan suatu blog program atau badan program. Badan program dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian deklarasi dan bagian pernyataan. Bagian deklarasi itu sendiri terdiri dari deklarasi kabel, deklarasi konstanta, deklarasi tipe, deklarasi bariabel deklarasi prosedur dan deklarasi fungsi. Secara garis besar besarnya dapat dilihat pada struktur program pascal berikut ini.

altStruktur program pascal
Struktur program pascal

Konsep Data Pascal

Konsep tipe data pada bahasa pemrograman mempunyai standar bentuk umum yaitu :
Tipe pengenal = tipe 
Pengenla = Nama yang menyatakan tipe data
Tipe = tipe data yang berlaku dalam bahasa pemrograman Pascal 
Pembagian tipe data yang adal pada bahasa pemrograman Pascal adalah :

  • Tipe sederhana
    • Tipe ordinal, Integer, Boolean, Character, Subrange dan Enumerated
Disebut juga sebagai tipe data skalar, yakni bahwa dalam sebuah perubahan hanya dimungkinkan untuk menyimpan sebuah nilai data, yakni bahwa tipe data skalar menunjukan untuk data tersebut nilainya terbentuk menurut suatu urutan tertentu. Tipe Ordinal adalahsebuah subset dari tipe data sederhana. semua tipe sedehana disebut sebagai data dengan tipe ordinal kecuali tipe real. Dalam bahasa pascal, tipe data skalar menunjukan bahwa untuk data tersebut nilainya terbentuk menurut urutan tertentu, yaitu nilainya ada dalam urutan. Karakteristik dari tipe ordinal adalah :

  • Merupakan himpunan berurutan dan setiap nilai berkaitan dengan ordinalnya yaitu nilai integral. Dalam semu tipe data kecuali integer, nilai pertama mempunyai ordinalitas =0,1 dan seterusnya. Semua nilai kecuali pada character yang pertama mempunyai nilai pendahulu dan semua nilai kecuali charakter terakhir tidak mempunyai nilai penerus.
  • Fungsi standar ORD atau Ordinalitasnya dapat diterapkan pada sembarang tipe ordinal untuk mengetahui ordinalitasnya.
  • Fungsi standar PRED atau Predecessor dapat diterapkan untuk mengetahi pendahulunya. Jika diterapkan pada nilai pertama akan menyebabkan error.
  • Fungsi standar SUCC atau Successor dapat diterapkan untuk mengetahui nilai penerusnya. Jika diterapkan pada nilai akhir akan menyebabkan ERROR.Turbo Pascal memiliki tuju tipe ordinal standar, yatu : integer, long int, byte, word, boolean, dan charakter. da pula tipe ordinal yang dapat di definisikan sendiri oleh user yaitu subrange, enumerated.
  • Tipe Integer adalah tipe data yang nilainya tidak memiliki titik desimal. Dalam bahasa pemrograman Pascal hanya digit yang bisa muncul sebagai integer tidak boleh ada charakter lain termasuk koma kecuali + dan -. Ada lima tipe data termasuk dalam kelompok ini yaitu Integer, shor int, long int, byte dan word.

0 comments

Post a Comment